Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menulis Artikel Blog Agar Disukai Pembaca


Kalau disukai pembaca, pasti disukai Google juga. Begitulah kira-kira kata para master yang sudah berkecimpung lama di dunia blog. Nah, masalahnya, aku bukan salah satu yang bisa disebut master pada kalimat itu.

Aku termasuk golongan newbie. Aku nggak ngerti SEO dan segala pernak-perniknya. Padahal, sudah hampir empat tahun berlalu sejak aku menyukai dunia tulis-menulis dan memutuskan untuk terjun ke dunia blog.

Awal menulis di blog. Aku hanya memfungsikannya sebagai sarana untuk curhat, coret-coret tentang kehidupan. Membuatnya sebagai jurnal harian atau bahasa gaulnya diary.

Tapi lambat laun, melihat kesuksesan para master blogger mendapatkan banyak materi, especially berupa duit. Aku jadi ikut termotivasi.

Aku googling banyak hal tentang memaksimalkan fungsi blog, dan aku mendapatkan satu kesimpulan besar bahwa; untuk bersaing dengan blogger papan atas, dan muncul di page one search engine, kita butuh satu elemen penting, yaitu menulis.

Dilema datang dalam diri ketika hendak menulis. Aku merasa masih belum cukup cihui untuk menulis tips seputar blogging. Jadi aku menulis artikel ini hanya untuk diri sendiri saja, dan jika kalian beruntung membacanya dan mendapat pencerahan, maka sesungguhnya artikel ini sudah banyak dijabarkan oleh orang-orang yang lebih jago diluar sana.

Berikut 10 Tips Menulis Artikel Blog Yang Disukai Pembaca dan Google


  • 1. Menguasai apa yang kita tulis

Salah satu alasan kenapa kita bisa terus produktif menulis adalah karena kita tahu apa yang sedang ditulis. Kita menguasai sesuatu berdasarkan passion kita.

Simpelnya, dengan tahu apa yang akan kita tulis. Minimal, blog akan terus terupdate karena kita mengeluarkan murni dari isi kepala.

Tentunya setiap orang memiliki passion yang berbeda-beda. Jadi, sudah tahukah passion kalian masing-masing?

  • 2. Bahasa yang mudah dimengerti

Sering dari kita, masalah utama dalam mengutarakan apa yang ada di dalam kepala adalah tidak tahu cara menuliskannya. Mau ngomong gini, eh yang tertuang ke dalam tulisan malah begitu.

Untuk mencapai level tersebut. Kita harus giat melatih skill menulis kita. Hal-hal kecil seperti seringnya kita mengupdate status di sosial media sangat berpengaruh terhadap kepekaan kita terhadap kata.

Topik-topik yang sering kita baca juga mempengaruhi gaya kita dalam menulis, dan dalam dunia blogging. Hal itu sangatlah penting karena dengan bahasa yang mudah dimengerti, tentunya para pembaca blog kita akan merasa nyaman dalam membaca setiap postingan.

  • 3. Menulis seakan berbicara di depan orang banyak

Tips lain agar tulisan kita disukai pembaca adalah dengan menulis seolah-olah kita sedang berbicara di depan umum. Di depan sahabat-sahabat kita.

Aku sendiri adalah tipe orang yang pemalu. Ketika ada sebuah acara dan ada banyak orang disitu. Sikap yang aku ambil adalah diam dan mendengarkan. Hal ini sangat mengganggun ketika sedang menulis, karena bahkan aku merasa kurang begitu akrab dengan pembaca.

Solusinya, jika kalian mengalami hal yang sama denganku adalah terus berlatih menulis, dan berlatih berbicara yang baik.

  • 4. Tidak Bertele-tele

Masalah lain ketika menulis di blog adalah kita berusaha untuk memanjang-manjangkan artikel dengan banyak-banyak basa-basi.

Hal ini tentunya sangat mengganggu bagi pembaca yang ingin mendapatkan segala informasi di internet dengan cepat dan akurat.

Namun bukan berarti basa-basi itu salah, bertele-tele itu tidak benar. Terkadang kita harus menulis panjang untuk memperdalam materi tulisan dan memperkaya kosa-kata.

  • 5. Hargai pembaca

Kita ingin didengar, kita ingin diperhatikan. Nah untuk bisa sampai disitu, terlebih dahulu kita harus mengenal dengan siapa kita bicara.

Pembaca blog harus seolah terlibat dalam setiap artikel yang kita tulis. Anggaplah pembaca sebagai bagian dalam setiap artikel blog. Dalam kasus ini, aku sering menggunakan kata "kita" atau "kalian" untuk merasa dekat.

  • 6. Gunakan Sub Heading

Beralih ke hal-hal teknis. Untuk menghasilkan artikel yang baik, kita butuh komposisi yang baik. Penggunaan sub heading membantu mata pembaca dalam menyerap informasi yang kita tulis dan artikel kita pun tampak lebih rapi.

  • 7. Paragraf yang tidak terlalu panjang

Banyak manfaat yang dihasilkan dari menulis setiap paragraf tidak terlalu panjang. Salah satunya adalah seperti poin 6, yaitu membuat mata pembaca lebih jelas dalam menyerap artikel kita.

3-5 kalimat per paragraf sangat dianjurkan.

  • 8. List

Dengan menulis menggunakan teknik list. Artikel yang kita hasilkan akan enak dibaca dan terlihat lebih profesional. Selain itu, list memudahkan kita dalam menulis artikel tutorial yang biasanya dibagi menjadi poin-poin tertentu.

Kalian bisa menggunakan bullet poin untuk membuat list.

  • 9. Gambar sebagai pendukung artikel

Menggunakan gambar dalam setiap artikel kita memiliki banyak fungsi. Gambar bisa menjadi bungkus artikel secara menyeluruh. Selain itu, pembaca bisa menyimpulkan sendiri maksud dari keseluruhan postingan melalui gambar yang kita pakai.

  • 10. Sunting sebelum Posting

Setelah kita selesai menulis. Jangan buru-buru dipublish. Kita harus meninjau ulang artikel tersebut barangkali ada sesuatu yang terlewat, maupun kesalahan dalam penulisan seperti EYD dan tanda baca.

Kesimpulan

Blogging adalah sebuah ilmu yang dinamis. Ekosistemnya bergerak ke berbagai arah tanpa bisa diprediksi oleh yang sudah master sekalipun.

Tugas utama kita sebagai blogger adalah terus menulis. Menulis sesuai passion, menulis apa yang kita suka dan kita butuhkan. Dengan memperhatikan kaidah-kaidah penulisan agar menghasilkan artikel yang maksimal dan berkualitas.

Ingat. Di dunia ini ada pemenang dan ada pecundang.
 Kita? Kita adalah Penantang!