Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Trik Gol Skema Tendangan Sudut PES 2017, PES 2018, PES 2019


Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan tips&trik agar bisa mencetak gol dari skema tendangan pojok di game PES, atau biasa disebut Corner Kick. Cara mencetak gol memang banyak sekali jalannya. Seringkali kita bisa memuji gol-gol indah yang dilakukan dengan kerjasama tim melalui umpan-umpan. Atau bisa juga gol tendangan jarak jauh. Di dalam PES, salah satu cara yang sering admin lakukan untuk mencetak gol adalah dengan memanfaatkan set piece di area corner kick.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah tim yang sedang kita gunakan. Trik ini akan berhasil jika tim yang kalian pilih memiliki pemain-pemain yang jangkung dan punya nilai Header serta Body Control yang tinggi. Ambil contoh, tim Real Madrid dengan center back mereka Sergio Ramo s yang punya nilai tinggi. Lalu kita akan melakukan cara berikut ini agar sukses.


1. Player Join to Attack

Pertama kita harus mengatur siapa saja pemain yang akan ikut menyerang ketika bola set piece. Dalam corner, kita akan mengizinkan para defender yang punya header dan tubuh yang tinggi untuk memanfaatkan situasi set-piece. Caranya adalah dengan masuk ke menu Game Plan kemudian cari di bagian Player Join To Attack. Disini kita bisa memilih maksimal tiga pemain. Dalam tim Real Madrid, maka pemain itu biasanya Sergio Ramos, Raphael Varane, dan Casemiro yang punya duel udara di atas rata-rata.

2. Set Piece Taker

Selanjutnya kita memilih siapa yang akan mengambil tendangan sudut. Usahakan pemain yang dipilih memiliki nilai umpan long pass yang baik karena akan menentukan tingkat akurasi tendangan. Di Real Madrid, peran itu biasanya diemban oleh Toni Kroos atupun Isco Alarcon. Sedangkan di Barcelona biasanya diambil oleh Lionel Messi atau Phillipe Coutinho.

3. Triknya

Perlu diingat, memakai cara ini bukan berarti 100% akan terjadi gol dari skema tendangan pojok. Namun cara ini bisa meningkatkan rasio untuk terjadi gol. Oke, paham kan? Beginilah cara TIKITAKTIK.

Pertama, lihat dulu dimana posisi para bek yang maju tadi berada. Jika berada di tiang jauh, maka usahakan power umpan kita diperkuat. Setelah melihat posisi pemain, kita mulai tendang bolanya dengan cara menekan tombol bulat dengan kekuatan setengah sampai 3/4 power gaunge terisi.

Saat bola berada di udara, cepat saja kita tekan tombol navigasi kanan : tombol ini berfungsi agar para pemain kita lepas dari kawalan para pemain lawan dan bisa bebas mencari ruang untuk menyundul bola. Selanjutnya, kita tekan saja tombol Kotak berkali-kali sambil berharap bola datang menghampiri pemain kita.

Trik ini bisa saja gagal karena pemain kita tidak memiliki nilai header yang baik, selalu cari pemain-pemain yang punya duel udara bagus (ditentukan dari nilai header, body control, dan ball winning) yang nantinya akan kita tugaskan untuk join to attack ketika skema corner.

Para Defender dan Defensive Midfielder umumnya memiliki atribut tersebut. Sebenarnya masih banyak trik dari tendangan sudut ini dengan memanfaatkan tombol navigasi, untuk lebih lengkapnya mungkin akan kami bahas pada artikel selanjutnya.

Demikianlah tips dan trik bermain Pro Evolution Soccer kali ini. Kami akan berusaha terus untuk selalu berbagi seputar game besutan Konami ini, blog TIKITAKTIK sangat berharap saran dan masukan dari para pembaca agar blog kami bisa berkembang lebih baik lagi. Terima Kasih dan sampai jumpa!