Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Formasi Kuat 4-5-1 PES 2018


Setelah beberapa waktu yang lalu kami telah merekomendasikan salah satu formasi bertahan terbaik dalam game PES. Kali ini kami akan kembali membagikan strategi ataupun trik jitu saat bermain bertahan. Sebagai catatan, taktik ini sudah kami uji di PES 2017 hingga PES 2019 dan berjalan dengan baik.


Dalam taktik kali ini. Kita akan mencoba bertahan dengan memenangkan permainan di area tengah. Artinya, kita tidak perlu melakukan blok rendah ataupun menumpuk pemain di depan kotak penalti atau yang sering disebut PARKIR BUS. Lain dari itu, kita akan memadatkan lini tengah sehingga distribusi bola musuh tidak bisa berjalan lancar. Oke, langsung saja.

FORMASI

Formasi yang akan kita gunakan kali ini adalah 4-5-1 dengan 1 DMF (defensif midfielder) dan dua CMF (central midfielder) serta dua sayap. Berikut settingannya

Attacking Instructions :
  • Attacking Style : Counter Attack
  • Area : Wide
  • Supporting : Flexibel

Defensive Instructions :
  • Defensive Style : All out defend
  • Pressuring : Conserfative

Advanced Setting : None

Setting di atas akan membuat tim kita memiliki banyak ‘block option” di lini tengah. Track back dari dua sayap kita akan mudah mengcover pergerakan sayap musuh yang sangat offensif. Selain itu, keberadaan dua CM yang kita perankan sebagai gelandang perebut bola di area tengah juga cukup efektif. Yang terakhir, peran DMF yang akan menetralisir bola-bola yang mengancam kedua bek tengah kita juga cukup berperan penting.

Baca Juga : Formasi Bertahan Terbaik PES 2018

Saran kami, gunakanlah DMF yang punya ball winning serta body control yang bagus, tidak perlu punya lari yang cepat. Jika di Barcelona, peran satu DMF ini biasanya diperankan oleh Sergio Busquets. Di Real Madrid biasanya adalah seorang Casemiro.

Namun jika kalian sedang bermain Master League, dan selalu percaya pada para pemain muda, ada beberapa sosok pemain yang menurut kami cocok bermain di posisi DMF, seperti : Nathaniel Chalobah, Emre Can, Lucas Torreira, dan Scott McTominay.

Selanjutnya, gunakanlah dua CMF yang memiliki tipe sebagai gelandang box to box. Gelandang dengan tipe seperti ini biasanya sangat agresif dalam merebut bola. Bukan cuma itu, keahliannya dalam bertransformasi dari bertahan ke menyerang, maupun sebaliknya pun sangat bisa kita andalkan. Luca Modric adalah contoh sukses pemain yang berposisi box to box.

SERANGAN BALIK

Good defend without good counter attack is nothing. Maka dari itu, serangan balik tak kalah pentingnya daripada terus menerus bertahan. Dalam formasi 4-5-1, kita akan mengandalkan kecepatan kedua sayap kita untuk melakukan serangan balik, yang akan di support oleh satu striker di depan dan salah satu dari dua gelandang CM.

Penting untuk punya winger yang baik dalam mencover sisi lapangan jika bermain dengan counter attack, karena tugas mereka tidak hanya bertahan, namun juga bertahan. Jika kalian bermain Master League, rasanya kurang afdol jika tidak memasukkan nama Willian ke dalam tipe pemain ini. Handal dalam melakukan trackback dan lihai saat melakukan serangan dengan sprint-sprint dan tendangan akuratnya.

Untuk urusan striker tunggal. Kita bisa sesuaikan dengan gaya bermain. Jika kita ingin melakukan serangan balik dengan memanfaatkan umpan-umpan crossing, maka gunakanlah pemain-pemain bertipe ‘Target Man’ yang biasanya handal dalam duel udara dan pencarian posisi.

Namun jika kalian adalah tipe flexibel dan sering memanfaatkan pergerakan cepat dari striker dalam mencari dan membuka ruang, maka gunakanlah tipe-tipe pelari atau ‘Dummy Runner’ seperti Jamie Vardy, Marco Arnautovic, Andrea Belotti, maupun Luis Suarez.

Nah, demikianlah tips PES kali ini. Bertahan dengan 4-5-1 intinya adalah dengan sebisa mungkin memenangkan pertarungan di lini tengah, atau meminimalisir tusukan-tusukan ke area jantung pertahanan dengan memadatkan lapangan tengah. Yuk kalian coba taktik ini dengan bermain bersama teman. Dan jika ada saran, kritik, dan masukan seputar blog TIKITAKTIK silakan kalian submit di komentar ya!