Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Formasi Bertahan Terbaik PES 2017 dan PES 2018

Di blog yang dulu, aku pernah posting tentang formasi bertahan untuk bermain game PES. Formasi tersebut nyatanya cukup ampuh menahan gempuran lawan dan terhitung sangat sulit ditembus karena saking rapatnya. Nah, pada postingan kali ini aku akan membagikan lagi formasi tersebut, tetapi dengan sedikit tambahan penyempurnaan agar lebih mematikan saat melakukan serangan balik. Berikut cara settingnya :

1.Aktifkan Fluid Formation

Menggunakan Fluid adalah kunci utama pada formasi ini, karena dengan fluid kita bisa mengaktifkan 3 formasi berbeda saat bermain. Dengan kata lain, Fluid memberikan kita keseimbangan dalam bertahan dan menyerang. Untuk mengaktifkannya : masuk ke game plan > preset tactics > scroll ke paling bawah > on

Update : Formasi Menyerang Terbaik PES

Setelah mengaktifkan fluid formation, maka kita sudah punya tiga formasi, yaitu: At Kick Off, When in Possesion, dan When Out Possesion. Buka edit line up dan buat formasi 3-4-3 pada tab At Kick Off. Untuk berpindah-pindah tab gunakan analog kiri. Setelah selesai membuat formasi At Kick Off, masuk ke menu Formation Change di Preset Tactics maka akan muncul seperti ini



Pilih when in possesion lalu samakan dengan at kick off, pilih when out possesion lalu samakan juga dengan at kick off. Nah sekarang kita sudah punya 3 formasi 3-4-3 dalam At Kick Off, When in Possesion, dan When out Possesion.

2.Edit Posisi

Langkah selanjutnya adalah mengedit 3 formasi tersebut agar bisa digunakan dengan maksimal saat bertahan dan juga menyerang. Karena fokus kita adalah pertahanan, maka kita akan mengedit tab when out possesion terlebih dahulu, rubah/geser posisi pemain dalam 3-4-3 tadi menjadi formasi 5-4-1.

Seperti taktik Antonio Conte, kita akan masang 5 bek sejajar dan 4 gelandang. Jika sudah, kita akan masuk ke preset tactics lagi, dan menyetting Defensive Instructions nya menjadi seperti ini :
  • Defensive instructions : All Out Defend
  • Containmet Area : Middle
  • Pressuring : Conservative

Maka saat di dalam permainan, para pemain kita akan membangun bus yang kokoh untuk menahan serangan lawan.

Bisa dilihat, kita hampir memenangkan seluruh lini pertahanan. Dua orang menjaga tiap area sayap dan tiga bek ditambah 2 gelandang bertahan siap menahan serangan yang masuk dari tengah.
Ketika lawan sedang sibuk membongkar parkir bus, kita harus bersiap-siap melancarkan serangan balik. Untuk membuat serangan balik yang sempurna dalam formasi ini, kita akan menggunakan tab When in possesion dan memanfaatkan area sayap lawan yang mungkin terlalu maju menyerang sehingga menimbulkan celah yang besar di pertahanan mereka sendiri.

Baca Juga : Formasi Counter Attack PES 2017



Setting When in Possesion adalah dengan menarik ke dua wingback ke titik yang paling tinggi. Jangan khawatir kedua wingback ini akan terlambat turun ke pertahanan karena masih ada 3 bek yang akan menahan bola dan memberi waktu bagi para wingback untuk turun.
Kita juga akan menyetting Attacking Instructions nya dengan style Counter Attack.

  • Build Up : short pass
  • Attacking Area : Wide
  • Positioning : Maintain Formation
Dan yang terakhir untuk memaksimalkan sayap, kita akan merubah Advanced Setting menjadi Hug The Touchline yang membuat kedua sisi penyerangan kita akan selalu ditempati oleh pemain.
Serangan balik bisa kita lakukan dengan mengandalkan sprint dan umpan cepat. Bisa juga dengan umpan-umpan ke area wing yang mungkin tidak terjaga oleh bek lawan yang fokus menjaga trio penyerang 3-4-3.


3. Penting

Poin pentingnya adalah terletak pada bagaimana kita akan mempraktekkan formasi ini. Aku selalu menggunakan dua cara, ketika lawan menguasai bola, turunlah secepatnya dan bentuk pertahanan yang rapi, paksa lawan untuk terus melakukan umpan horizontal dan sebisa mungkin tutup ruang umpan vertikal, include of memaksa mereka mengumpan ke area sayap, itu lebih baik. Karena opsi di sayap biasanya cuma sedikit, umpan crossing, dan itu dapat dengan mudah dihalau oleh 3 bek tengah kita.

Cara yang terakhir, saat menyerang, fokuskan penyerangan pada satu sisi sayap, tujuannya adalah menyeret sebanyak mungkin pemain mereka untuk menuju ke sisi sayap kita, sehingga sisi sayap yang lain akan menimbulkan lubang yang besar.


Untuk Tutorial lengkapnya silakan kalian bisa menonton video berikut ini :



Demikianlah Formasi Bertahan terbaik PES 2017 dan PES 2018. Silakan test formasi ini menggunakan tim-tim kecil dan melawan tim besar. Jangan lupa komen post ini jika ada yang ditanyakan seputar taktik PES. Nantikan lagi taktik-taktik yang lain di blog ini. See Ya!