Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Formasi Counter Attack PES 2017



Ada berbagai macam cara ataupun taktik dalam melakukan trik serangan balik dalam game PES 2017, PES 2018, maupun PES 2O19. Nah, kali ini TIKITAKTIK akan memberikan sedikit tips yang biasa kami gunakan ketika menerapkan taktik counter attack, khususnya ketika memakai tim-tim kecil melawan tim besar.

Baca Juga : Formasi Bertahan Terbaik PES 2017 dan PES 2018

Tim yang kami ujicoba adalah Leicester City yang punya beberapa pemain dengan tipe pelari untuk mensukseskan taktik. Seperti yang sudah kita tahu, The Foxes sendiri secara mengejutkan keluar sebagai kampiun Liga Premier Inggris musim 2015/2016 berkat penampilan menawan yang mereka tunjukkan dengan mengandalkan pertahanan kokoh dan serangan balik yang cepat.

Selain itu, pertimbangan lain yang kami perhatikan adalah adanya seorang kasper Schemeicel yang lumayan bagus dan ketersediaan defender-defender jangkung seperti Harry Maguire yang akan sangat berguna ketika menciptakan situasi berbahaya set-piece.

Untuk sobat yang sudah penasaran, berikut ini beberapa tips kami ketika menerapkan strategi counter attack :

FORMASI

Untuk formasi, kami merekomendasikan menggunakan formasi 4-4-2 yang sangat mudah digunakan dalam situasi apapun di serangan balik. Formasi ini memungkinkan kita bermain cepat di area sayap, maupun di sektor tengah berkat kombinasi dua striker.

Selain itu, dengan serangan balik, otomatis tim kita adalah tim yang bertahan, 4-4-2 akan memberikan blok yang cukup kuat sebagai tembok pertahanan dua lapis pulus dua orang striker terdepan sebagai pengganggu build-up serangan musuh.

Untuk mencapai formasi itu, kombinasikan saja settingan berikut ini :

Attacking Instructions :
  • Attacking Style : Counter Attack
  • Attacking Area : Wide
  • Build-up : short pass
  • positioning : flexibel

Defensive Instructions :
  • Defensive Style : All out Defend
  • Area : Wide
  • Pressuring : Conservatife

Advanced Setting :
  • Attack 1 : Wing Rotation
  • Defend 1 : Swarm The Box

Dengan setting di atas, kita akan menghasilkan tim yang kuat di pertahanan dengan blok rendah tanpa pressing di area tinggi. Namun perlu diingat, jangan terlalu turun terlalu dalam karena akan menyulitkan pemain ketika melakukan counter attack.

Usahakan untuk melakukan pressing sesegera mungkin ketika bola sudah memasuki sepertiga akhir lapangan. Ketika bola sudah berhasil direbut, kirim umpan ke area sayap LMF ataupun RMF. Tahan bola sedikit lebih lama pada pemain di posisi ini sambil menunggu support untuk melakukan serangan balik.

Kedua striker, dalam hal ini, kami memakai Jamie Vardy dan Kheleci Ihenacho akan mencari ruang di area sayap juga, berkat setting Wing Rotation. Berikan umpan ke area tengah, atau lebarkan lagi jika kedua fullback sudah naik membantu serangan. Lalu, jika ada celah, kirim umpan terobosan, atau umpan lambung ke daerah Vardy ataupun Ihenacho berada. Jika lolos, dengan kecepatan mereka akan sulit defender musuh untuk menghentikannya.

Selain dengan mengandalkan kecepatan. Taktik serangan balik juga bisa kita capai dengan melakukan high pressing di area pertahanan musuh, merebut bola secepat mungkin dan mengirimkannya ke barisan penyerang untuk melakukan akselerasi. Namun tentunya taktik tersebut sangat beresiko karena akan menimbulkan celah besar di area pertahanan kita.


TIM-TIM LAIN

Bukan hanya Leicester City. Ada banyak kesebelasan lain, yang berstatus kuda hitam yang bisa kita andalkan dalam bermain PES khususnya taktik counter attack ini. Di Spanyol, ada klub Valencia yang punya materi pemain cukup baik untuk melakukan strategi semacam ini. Di Italia, ada Genoa (Striker mereka sedang onfire) dan Fiorentina yang sangat cocok bagi kalian penyuka tantangan melawan tim besar dengan memakai tim kecil. Selain itu, tim-tim di luar 5 liga top Eropa juga rata-rata punya materi yang bagus untuk counter attack.

Apakah hanya 4-4-2? Tentu saja tidak, banyak alternatif lain yang bisa sobat coba-coba dalam meramu formasi serangan balik. 4-1-4-1 bisa kalian coba sambil melakukan pressing. Ataupun jika ingin maksimal, gunakan saja 4-3-3 dengan tiga gelandang pekerja keras untuk merebut bola dan 3 penyerang untuk melakukan pressing. Seperti yang dilakukan Liverpool.

Well, demikianlah tips singkat tentang formasi dan strategi counter attack PES 2017. Kalian bisa mempraktikkannya sendiri di laptop masing-masing. Oh iya, jika ada saran dan masukan seputar taktik PES, kalian bisa berkomentar di komentar ya. Sampai jumpa di taktik selanjutnya.