Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Taktik Attacking Fullback PES 2017


Ada banyak sekali variasi menyerang saat bermain PES. Cara yang akan TIKITAKTIK bagikan berikut adalah formasi yang sukses kami terapkan di PES 2017, namun PES 2018 dan PES 2019 juga bisa menggunakannya karena tidak banyak berbeda. Ngomong-ngomong soal Fullback, di era sepakbola modern, pemain yang berposisi sebagai bek kiri atau bek kanan ini adalah salah satu elemen terpenting kesuksesan sebuah klub.

Peran mereka tak lagi hanya sebagai orang yang menghalau setiap serangan musuh. Tetapi juga menjadi poin penting yang digunakan sebuah tim saat melakukan serangan.

Banyak sekali fullback-fullback besar yang lahir di era sepakbola modern. Marcelo, Dani Alves, Phillip Lahm adalah contoh tersukses dari pemain yang berposisi sebagai seorang penyisir lapangan. Yang terbaru, ada nama-nama seperti Jordi Alba, Kyle Walker, dan Marcos Alonso yang penampilannya dalam beberapa tahun terakhir terus mengalami peningkatan. Nama terakhir, Marcos alonso bahkan menjadi pemain penting di skuad Chelsea berkat torehan gol dan assistnya.

Nah, berangkat dari situ, kami tertarik untuk mensimulasikan taktik menyerang dengan mengandalkan seorang fullback.

FORMASI

Hampir semua formasi yang mengandalkan dua bek tengah selalu didampingi oleh dua fullback sejajar di setiap sisi lapangan. Untuk itu, kami menyarankan formasi 4-2-3-1 atau 4-3-3 untuk menyukseskan taktik. Kenapa dua formasi itu sangat kami rekomendasikan? Pertama, dengan bermain ofensif mengandalkan fullback, resikonya adalah sisi sayap yang akan mudah dieksploitasi musuh ketika mereka melakukan serangan balik.

Kedua, dengan adanya dua sampai tiga gelandang, resiko terkena serangan balik lewat area sayap bisa diminimalisir karena area tersebut akan di-cover oleh para gelandang sambil menunggu fullback kembali turun. Ketiga, formasi ini juga sangat cocok untuk kalian yang ingin bermain di area sayap yang tinggi, namun tetap menjaga kerapatan pemain di lini tengah untuk tetap bermain possesion game.

Namun jika kalian adalah tipe pemain PES yang mengandalkan serangan sayap, maka boleh juga dicoba formasi 4-4-2 dengan fullback dan gelandang sayap yang siap mengeksploitasi kedua sisi untuk melakukan tusukan maupun umpan-umpan croosing. Lalu, bagaimana setting formasinya?

Attacking Instructions

  • Attacking Style : Possesion Game
  • Attacking Area : Wide
  • Build-Up : Short Pass

Defensive Instructions :

  • Defensive Style : All Out Defend
  • Area : Wide
  • Presurring : Conservatife

Advanced Setting :

  • Attack 1 : Attacking Fullback
  • Attack 2 : Wing Rotation
  • Defend 1 : -
  • Defend 2 : -

Taktik diatas sangat cocok untuk bermain di area sayap tanpa kehilangan posession di sektor tengah. Setting All out defend juga sangat berguna agar para fullback kembali turun untuk membantu pertahanan. Kemudian, kombinasi Wing rotation juga diharapkan mampu menambah variasi serangan di area sayap yang tinggi.

CARA BERMAIN

Selalu usahakan memulai build-up serangan dari tengah. Fullback yang baik juga butuh suplai bola yang baik, dan dengan memulai passing di area tengah maka secara tidak sadar kita juga sudah memberi waktu bagi para fullback untuk naik terlebih dahulu, mencari posisi yang ideal untuk melakukan penetrasi maupun kombinasi dengan para winger. Kita bisa memanfaatkan satu gelandang kreatif di tengah untuk membagi bola ke setiap area lapangan agar blok defend musuh terus rendah hingga ke area kotak penalti. Fullback kita pun akan ikut membantu dan sejajar dengan para penyerang.

Baca Juga : Taktik Dan Formasi Pep Guardiola PES 2017 dan PES 2O18

Jika kalian tidak cukup percaya diri untuk melakukan possesion game, maka langsung saja melakukan fast break dengan serangan cepat yang mengandalkan penetrasi sayap dengan mengandalkan kecepatan mereka untuk melakukan tusukan. Peluang gol akan tercipta dengan cara melakukan umpan crossing maupun umpan tarik.

SISI LAIN FULLBACK

Namun jika kita bermain dengan kualitas fullback yang buruk untuk melakukan penetrasi. Kalian bisa mencoba sisi lain fullback yang sudah kami mainkan dan terbukti sukses. Yaitu dengan memfungsikan fullback sebagai alat untuk memaksa defend musuh turun, hampir semua. Kami menggunakan 4-3-3 untuk hal ini.

Caranya sama, kami memainkan bola di tengah dengan kombinasi 3 striker dan dua gelandang, satu gelandang sisa bertugas melindungi dua center back. Tugas fullback adalah menarik sisi pertahanan mereka, biasanya adalah para gelandang sayap yang akan turun ikut menutup pergerakan fullback yang sebenarnya tidak akan kita kasih umpan sebelum posisinya benar-benar bagus.

Kami sukses menurunkan formasi musuh yang semula 4-4-2 menjadi 5 sampai 6 di garis bek karena efek gelandang mereka yang terpaksa turun untuk menutup fullback kami yang bergerak tinggi.

REKOMENDASI PEMAIN

Setelah membagikan formasi, kami akan merekomendasikan beberapa fullback yang sangat cakap dalam melakukan transisi menyerang dan bertahan. Perlu digaris bawahi, pemain yang kami rekomendasikan adalah bukan fullback-fullback populer, atau mainstream seperti yang sudah kami sebutkan di awal tulisan. Jadi, rekomendasi ini bisa kalian terapkan di tim master league kalian.

Kenedy (Newcastle United)

Pemain muda yang pernah bermain di Chelsea ini punya kecepatan dan kontrol bola yang bagus, selain itu cover lapangan juga baik karena bisa ditempatkan di banyak posisi di area sayap. Harganya juga terbilang murah di Master League.

Chalum Chambers (Middlesbrough)

Bukan nama yang cocok untuk kalian yang suka bermain dengan kecepatan. Namun skill kontrol bolanya yang lumayan baik dan kemampuannya bermain di beberapa posisi di lini belakang membuatnya pantas untuk diperhitungkan.

Theo Hernandez (Real Madrid)

Walaupun posisinya masih kalah dengan Marcelo. Theo sangat kami rekomendasikan untuk kalian yang ingin berinvestasi dengan pemain muda di tim Master League. Tikitaktik terus mempercayakan satu slot kepada pemain asal Perancis ini, dan setelah beberapa tahun, overall rattingnya sanggup menembus angka 92.
Trent-Alexander Arnold (Liverpool)
Tinggi, cepat, dan punya kemampuan umpan crossing yang bagus. Pemain muda Liverpool ini bahkan sudah dipercaya menjadi salah satu pilar utama di skuad Juergen Kloop.

Demikianlah trik formasi Attacking Fullback kali ini. Silakan kalian coba tips diatas untuk bermain PES bersama teman-teman maupun dalam tim master league. Jika ada saran dan masukan silakan berkomentar dibawah ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.