Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Taktik dan Formasi Pep Guardiola di PES 2017 dan PES 2018


Tak bisa dipungkiri, musim ini (2017/2018) Pep Guardiola sangat sukses menguasai sepakbola inggris. Permainan indah yang dia bawa bersama skuat mahal Manchester City berhasil tampil superior dan nyaris tak tersentuh di papan kelasemen sepanjang musim. Hal tersebut membuat aku penasaran untuk mengulik rahasia taktik mantan pelatih Bayern Munchen ini jika diterapkan di dalam game PES. Dan berikut adalah Taktik Pep Guardiola dalam PES 2017 dan PES 2018.

New : Formasi Menyerang Terbaik!


4-3-3 menjadi formasi dasar Man City musim ini, formasi tersebut pada dasarnya mengandalkan trio gelandang dan trio penyerang. Tapi sebenarnya ada rahasia lain, kunci sukses Pep musim ini terletak pada kedua sisi fullbacknya. Maka, hal yang harus dimaksimalkan di dalam game PES tentu saja dengan Attacking Fullbacknya. Kita masuk ke tab Advanced Setting pada menu formasi, kemudian set attacknya : Attack 1 = Tiki-taka dan Attack 2 = Attacking Fullback.



Pep adalah tipe filosofi Possesion Football, yang berarti “Rebut bola secepat mungkin, kuasai bola selama mungkin” ,jadi kita akan menggunakan Frontline Pressure di menu Defensive instructions untuk memaksimalkan strategi ini. Sedangkan untuk Attacking Instructions, kita akan menset Possesion Football dan juga possitioning fleksibel, mengingat Manchester City musim ini bisa mencetak gol dan peluang dari sektor manapun.


Setting formasi di atas akan menciptakan ruang yang rapat untuk terus bermain-main dengan bola. Fullback akan naik setinggi striker dan ini bisa kita manfaatkan untuk akselerasi Kyle Walker yang punya speed 90+ ataupun Benjamin Mendy untuk mensupport Leroy Sane di sisi kiri. Formasi ini juga akan melakukan Pressing maksimal sejak dari pertahanan lawan. 

Tapi setiap formasi memiliki resiko, terkadang formasi ini rentan terkena serangan balik di area sayap yang ditinggal jauh oleh kedua fullbacknya. Aku sendiri cukup nyaman menggunakan taktik 4-3-3, intinya adalah kuasai bola dengan tenang, lakukan hingga semua pemain lawan terpaksa bertahan ke dalam, alirkan bola dari lini per lini. Bongkar.

Ederson Moraes memainkan peran penting bagi skema Pep Guardiola

Pep itu jenius, musim ini dia sudah mendapatkan kiper idaman dalam diri Ederson Moraes. Kriteria kiper pep adalah kiper yang mampu mengawali serangan dan kiper yang mampu melakukan umpan jauh. Ederson pun dibeli dengan status  kiper termahal dunia. Buat kalian yang ingin memaksimalkan kiper, itu bisa dilakukan saat tim musuh melakukan pressing tinggi. Bermain-mainlah pada kiper dan dua center back yang melebar untuk kemudian bola dioper jauh ke area flank yang tentu saja jarang terkawal.

Bermain dengan dua second striker di PES adalah hal yang menyenangkan, kita kerap mendapatkan peluang tak terduga dari situ. Musim ini, Sane dan Sterling berhasil memerankan skema itu di City, bedanya, Sane bermain lebih di area flank (LWF). Dia ditugaskan untuk membuat bek-bek lawan terus bermain melebar dan menciptakan ruang di tengah, tapi di formasi ini, aku lebih menempatkan Sane agak ke dalam sebagai SS untuk memaksimalkan kecepatannya dalam melakukan umpan terobosan.


Trio penyerang juga memungkinkan kita untuk memecah fokus bek lawan, tiga striker di kotak penalti biasanya akan terkawal ketat, hal ini menjadi keuntungan bagi kita yang bermain dengan fullback tinggi. Padatnya kotak penalti terkadang akan memberikan banyak ruang bebas kepada kedua fullback. Hal ini bisa kita manfaatkan untuk menusuk ke dalam kotak penalti tanpa terkawal dan melakukan shooting maupun umpan silang.
Trio Penyerang dijaga ketat, dua fullback nyaris tanpa pengawalan

Kunci lain dari Pep adalah umpannya. Jujur, aku sangat terhibur melihat umpan-umpan yang dilakukan sejak dari pertahanan sendiri hingga berakhir dengan peluang yang terjadi di pertahanan lawan. Aku coba memainkan gaya seperti itu ketika bermain PES. Dan hasilnya not bad lah, terutama buat Kevin De Bruyne!

Untuk tutorial lengkapnya silakan tonton video berikut ini :



Demikianlah taktik Pep Guardiola di PES 2017 dan PES 2018 kali ini. Semoga trik dan tips ini bermanfaat dan bikin kalian makin nggak sabar untuk mempraktekkannya. Bermain PES tak hanya soal menang atau kalah, terkadang kita harus membayangkan seolah-olah ini adalah pertandingan sepakbola sungguhan, dan kita bertugas sebagai seorang pelatih yang mengatur timnya. Siapa sih yang nggak suka membayangkan? Ya nggak?