Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Hal yang harus kamu perhatikan saat bermain PES


Dalam bermain PES, kita pasti punya taktik andalan sendiri. Punya strategi yang selalu digunakan untuk mengalahkan lawan-lawan kita saat bertanding di rental PS maupun di laptop bersama teman-teman. Nggak jarang, taktik yang kita lakukan akan berakhir dengan kemenangan, tapi kadang-kadang malah tidak berjalan sesuai rencana dan berakhir dengan kekalahan. Nah, kalian pasti tidak sadar jika cara main kita di game virtual sebenarnya nggak jauh berbeda dari cara main sepakbola asli. Which is ada elemen-elemen mendasar yang tidak kita perhatikan sepenuhnya saat bermain. Dan berikut adalah 7 hal yang harus diperhatikan saat bermain PES.

1. Formasi


Penting untuk memahami apa formasi yang cocok dengan gaya bermain. Jika kalian punya filosofi penguasaan bola, maka biasanya akan menggunakan formasi dasar 4-3-3. Formasi tersebut akan menciptakan ruang antar pemain yang rapat sehingga memungkinkan pemain untuk mengontrol permainan dengan terus mengalirkan bola. Tapi jika kalian adalah tipe defensif dan pengagum counter attack, maka 4-2-3-1 adalah formasi dasar yang pas. 4-2-3-1 akan memadatkan lapangan tengahnya dengan 5 gelandang yang ditugaskan untuk merebut bola dan menciptakan serangan balik yang berbahaya. Jose Mouriho adalah salah satu pelatih hebat yang sudah fasih dengan strategi ini.



2. Transisi

Setelah kita menyetting formasi. Maka kita sudah terjun langsung ke dalam permainan. Hal penting selanjutnya bukan bagaimana kita mencetak gol, ataupun menciptakan peluang. Sehebat dan sekeren apapun taktik yang kamu buat, secara nggak sadar taktik tersebut akan berjalan lancar jika kamu mampu melakukan transisi dengan baik. Transisi yang baik adalah kecakapan dalam merespon lawan. Misalnya, jika lawan melakukan kesalahan saat menyerang, maka tim kita harus secepatnya berubah dari permainan bertahan ke permainan menyerang. Pun sebaliknya, ketika kita melakukan kesalahan saat menyerang, tim harus secepatkan bertransisi menjadi tim yang bertahan, atau tim yang berusaha merebut bola kembali.
Aku bukan tipe pemain PES yang selalu ngepress lawan, aku bukan orang yang selalu ngegas pol analog + silang + kotak untuk menghajar lawan yang sedang membawa bola. Malahan aku lebih suka menunggu di dalam, menjaga kerapatan formasi tetap utuh dan menentukan momen yang tepat untuk merebut bola. Sedikit tips : Transisi bisa kita setting di Defensive instructions-Defensive style. Set All out defence akan menginstruksikan pemain untuk segera kembali ke area sendiri ketika kehilangan bola. Sedangkan frontline pressure adalah untuk kalian yang suka bermain pressing dan nggak ngebiarin lawan berbuat terlalu banyak. Aku sendiri selalu pakai All Out Defense dengan garis pertahanan rendah.




3. Keseimbangan
   
Transisi yang baik juga menciptakan keseimbangan yang baik. Akhir-akhir ini, aku salut dengan gaya permainan Persija Jakarta. Taktik mereka sebenarnya sederhana dengan selalu mengandalkan umpan-umpan dari area wing kiri maupun kanan untuk diselesaikan oleh Marco Simic. Tapi yang membuat mereka spesial adalah karena keseimbangan mereka dalam bertransisi. Kita kerap melihat dua fullback Ismed Sofyan dan Rezaldi Hehanusa naik begitu tinggi untuk membantu penyerangan, hal ini membuat bek-bek lawan terpancing untuk bermain melebar dan menciptakan banyak ruang bagi Simic. Disisi lain, ketika Persija Jakarta diserang, kita bisa melihat Rico Simanjuntak, Rudi, Novri, dan Ramdani secara militan turun ke belakang untuk membantu Rohit Chand dan Sandi Sute membangun pertahanan. Transisi bertahan ke menyerang dan menyerang ke bertahan Persija berhasil menciptakan keseimbangan yang haqiqi, maka tidak heran jika mereka berhasil lolos dari babak grup AFC Cup sebagai juara grup dan mengangkangi klub yang katanya klub maha kuat luar biasa dari negara sebelah. Kunci untuk bermain PES dengan keseimbangan adalah : kuat dalam bertahan dan menyerang.



4. Umpan

Mungkin terlihat sepele, tapi umpan adalah elemen paling dasar dalam sepakbola. Lionel Messi nggak akan mungkin bisa membawa bola dari gawang sendiri ke gawang lawan kalo nggak melakukan umpan. Dalam bermain PES, kita punya takaran sendiri dalam hal umpan, pemain yang suka mengandalkan possesion game pasti akan bertumpu pada aspek ini, mereka akan sebanyak mungkin melakukan umpan-umpan untuk membongkar tiap lini pertahanan lawan. Tapi pemain lain yang lebih suka gaya direct pass, mereka cenderung melakukan umpan langsung ke area depan dengan mengandalkan kecepatan dan shooting, atau menyisir area sayap untuk melakukan crossing. Kamu tipe yang mana?

 5. Tempo

Mengatur tempo adalah seni bagaimana kita tetap sadar di dalam permainan. Kadang saking asiknya menyerang dengan tempo tinggi, kita lupa kalo pertahanan kita menjadi rapuh dan berpotensi terkena serangan balik. Aku sendiri adalah tipe possesion football, aku suka berlama-lama dengan bola, memindahkannya dari area kiri ke tengah atau ke kanan untuk mencari ruang. Namun nggak jarang area belakang tinggal dua centre back saja dan tiba-tiba boom! serangan balik datang dan terjadi gol (oke, jangan ditiru). Kadang tempo bermain kita juga terkesan buru-buru karena mengejar ketertinggalan gol, dan itu kadang bikin kita bertindak gegabah, melakukan umpan-umpan yang salah dan nggak sampai. Menurutku, Tempo yang baik adalah tentang bagaimana kita tahu kapan saat yang tepat untuk menyerang dan kapan saat yang tepat untuk menahan bola.


6. Emosi

Ke-lima poin diatas nggak akan berguna kalo kita tidak punya emosi yang baik. Terkadang ketika kita main bareng teman-teman, suara-suara celoteh muncul begitu saja, dan nggak jarang bikin kita tambah emosi dan membuyarkan strategi yang sudah kita rancang. Aku suka memecah konsentrasi lawan bermainku dengan terus mengomentari kesalahan-kesalahan yang lawan buat, misalnya ketika temanku melakukan shooting ngawur, aku biasannya nyeletuk “eh, besok kerja bakti mindahin gawang ya!”. Kadang aku juga suka pamar skill ala-ala Christiano Ronaldo atau umpan dua orang berkali-kali seperti Iniesta dan Messi saat jauh dari pressing lawan. Hal ini penting karena biasanya teman-teman yang lain akan berkomentar macam-macam dan memuji hal tersebut, sementara teman kita yang menjadi lawan bermain akan kesal dan terpancing emosinya.

Kita punya kelebihan, sepayah apapun kita hidup, manusia pasti punya kelebihannya masing-masing. Aku menangkap hal-hal unik yang dimiliki teman-temanku saat bermain PES bersama, terlepas dari bagaimanapun caranya, atau prosesnya, kita istimewa dengan cara kita sendiri. Demikianlah 6 Hal yang harus diperhatikan dalam bermain PES. Mungkin tulisan ini nggak ada manfaatnya sama sekali, mungkin cuma omong kosong. Tapi mungkin kalian jadi nggak sabar untuk segera bermain PES melawan teman kalian dan lebih memperhatikan detail-detail kecil. Atau mungkin, kalian punya resep rahasia yang lain dalam bermain PES, wanna share? Yuk tulis di kolom komentar!