Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Istilah-istilah Dasar dalam Game PES



Seperti namanya, Pro Evolution Soccer sudah mengalami berbagai macam evolusi dari tahun ke tahun. Semenjak nge-boom pada edisi PES 2010, produk besutan KONAMI ini terus konsisten menjadi pesaing FIFA dalam industri game sepakbola, Yah, walaupun dalam perjalanannya enggak selalu lempeng.

Evolusi tersebut berkembang seiring dengan istilah dan paham dalam sepakbola yang terus mengalami pembaruan. PES nggak mau ketinggalan, mereka berusaha membuat semirip mungkin dunia virtualnya dengan dunia sepakbola sungguhan. Dan berikut adalah istilah-istilah dasar dalam game PES:

1.PRESET TACTICS

Kalo kita ngomongin PES, atau lagi main PES, pasti tidak bisa lepas dari formasi. Maka dari itu, aku ingin mulai membahasnya dari hal-hal yang ada di menu Formasi. Preset tactics adalah bagian paling penting, disana kita bisa menentukan mau bermain seperti apa, apakah dengan Possesion game atau dengan Counter Attack? Apakah akan bertahan ataukah bermain dengan pressing tinggi? . Di menu ini, kita juga akan disediakan banyak pilihan formasi dasar. Untuk PES edisi 2017 keatas, evolusinya adalah adanya tambahan advanced setting. Di advanced setting, kita bisa memakai menu gaya bermain seperti pelatih-pelatih hebat dunia. Seperti Tiki-taka, gegenpressing, bahkan parkir Bus!

2.LINE UP/EDIT POSITION

Di bagian ini, kita biasanya akan menghabiskan banyak waktu. Menu ini memungkinkan kita untuk memindahkan pemain-pemain di area lapangan mana dia akan bermain. Kita juga bisa mengganti pemain yang sedang tidak fit pada bagian Line Up. Pemain mendapatkan kontrol penuh, kita bisa menekan tombol (kotak) untuk melihat perubahan posisi yang ditawarkan, misalnya dari CF ke SS, atau dari DMF ke CMF.

3.PLAYER SETTING

Pada bagian ini, kita bisa mengatur peran-peran pemain yang akan bertanding. Kita bisa memilih siapakah yang akan mendapatkan tugas diatas lapangan. Seperti misalnya pemilihan kapten. Memilih siapakah yang akan mendapatkan tugas tendangan bebas jarak dekat, tendangan bebas jarak jauh. Tendangan penalti, tendang sudut kiri, tendangan sudut kanan. Bagian yang paling aku suka adalah pilihin “Playar Join to Attack” yang selalu aku manfaatkan ketika set piece dan corner kick dengan memajukan bek-bek bertubuh besar dan nilai header yang tinggi untuk menyambut umpan crossing.

4.SUPPORT SETTING

Support setting adalah bagian simple dari formasi. Disini kita bisa menentukan untuk mengaktifkan jebakan offside otomatis dan pergantian pemain otomatis. Menu ini juga menawarkan pilihan formasi yang sudah dimodifikasi oleh sistem seperti all out defence dan all out attack, possesion football ataupun bermain longpass. Support setting sangat cocok buat kalian yang nggak mau ribet nyetting formasi.

5. DATA MANAGEMENT

Setelah kita selesai membuat sebuah formasi andalan. Hal yang wajib dilakukan adalah menyimpan formasi tersebut agar nantinya kita tidak ribet membuat dari awal lagi. Data management menawarkan 3 slot save formation untuk masing-masing data yang berjumlah 32 data. Gunakanlah nomor favorit kalian untuk menyimpan data formasi jika kalian bermain dengan banyak teman. Aku sendiri menyimpan formasi di data 2 dan data 8.

Demikianlah istilah-istilah dasar dalam game PES. Masih banyak lagi istilah yang akan aku bahas dalam menu formasi ini. Untuk membahas preset tacticsnya saja aku yakin akan menjadi postingan yang banyak. Jadi buat kalian yang belum paham, bisa tunggu next post di blog ini! See Ya!