Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Formasi Menyerang Terbaik PES 2017

Formasi menyerang jitu dan ampuh untuk bermain game Pro Evolution Soccer : PES 2017, PES 2018, dan PES 2019.

Setelah beberapa waktu yang lalu, kami sempat mengulas tentang formasi bertahan terbaik. Pada kesempatan kali ini, TIKITAKTIK akan memberikan lagi salah satu trik menyerang terbaik dalam game PES.

Baca : Formasi Kuat 4-5-1 PES 1018

Perlu digaris bawahi, setiap pemain PES memiliki ciri khas sendiri dan kenyamanan dalam hal menyerang. Ada yang suka bermain dengan kecepatan dan akselerasi pemain sayap, ada juga yang mengandalkan bola-bola udara untuk menciptakan peluang. Semua orang bebas membanggakan pola menyerang yang mereka sukai.

Namun bagi kami, teknik menyerang yang baik adalah dengan menguasai penuh bola dan jalannya pertandingan. Terlebih di era modern, sepakbola menyerang dan control penuh adalah aspek penting dalam permainan. Karena bagi kami, menyerang bagi kami menghasilkan dua elemen : menyerang untuk mencetak gol, dan menyerang sekaligus sebagai pertahanan.

Karena seperti pepatah populer dalam dunia sepakbola “pertahanan terbaik adalah menyerang”


  • FORMASI


Dalam hal ini, kami menggunakan tim Manchester City sebagai percobaan karena memiliki kriteria pemain yang memadai untuk memaksimalkan pola penyerangan, formasi yang kami pakai adalah 4-3-3



Setting formasi

Attacking Instructions

  • Attacking Style : Possesion Game
  • Build Up : Short Pass
  • Attacking Area : Middle
  • Positioning : Flexible

Defensive Instructions

  • Defensive Style : Frontline Pressure
  • Containment Area : Wide
  • Pressuring : Aggresive
  • Defensive Line : - -

Advanced Setting

  • Attack 1 : Tikitaka
  • Player Setting Player To Join Attack : dua defender dengan heading yang baik, untuk memaksimalkan set piece/corner kick.

  • BUILD UP

Hal paling dasar dalam menyerang adalah bukan karena jajaran penyerangnya yang hebat.
Melainkan adanya teknik build up yang baik sejak dari sisi pertahanan. Tugas utama seorang defender tengah di era modern bukan lagi untuk menghalau dan menjegal lawan, tetapi seorang bek yang baik harus mampu memulai sebuah permainan, membaca permainan.

Nah, kita bisa memulai build up yang baik dalam game PES dengan menyediakan ruang umpan sebanyak mungkin. Disini kami menggunakan dua center back, dan memiliki opsi umpan ke tiga gelandang di tengah, dua fullback, dan dua winger yang terkadang turun untuk menjemput bola.

Setting attack 1 : Tikitaka memungkinkan para pemain kita untuk selalu mencari ruang umpan dan ini berperan penting dalam mengontrol permainan karena sirkulasi bola akan terus mengalir dengan lancar.

  • JARAK ANTAR PEMAIN

Satu syarat agar sirkulasi bola terus terjadi adalah dengan merapatkan jarak antar pemain kita, terutama ketika memasuki sepertiga pertahanan lawan. Usahakan tidak terlalu terburu-buru untuk mengumpan ke striker tengah karena akan berpotensi direbut oleh bek lawan mereka (apalagi jika strikernya memiliki body chalenge yang kurang baik seperti Aguero). Berikan ke Aguero jika dan hanya jika dia mendapatkan ruang untuk mengontrol bola dan mengumpan kembali ke rekan lainnya.

Manfaat lain dari merapatkan jarak antar pemain adalah, secara tidak sadar, dari proses build up menuju ke sepertiga akhir adalah sistem pertahanan musuh yang terpaksa turun lebih dalamsehingga sama sekali tidak ada ruang untuk melakukan serangan balik.

Tentunya akan susah bagi kalian yang terbiasa bermain dengan tempo cepat untuk langsungmenusuk ke jantung pertahanan lawan. Cobalah untuk terus melakukan passing dan meningkatkan tingkat akurasi passing bagi setiap pemain, jika kita sabar untuk membongkar pertahanan musuk dan memaksa mereka turun, maka kita bisa memperoleh banyak trik untuk mengkreasikan peluang. Selain itu, kita tidak perlu lagi takut terkena serangan balik, karena pemain musuh pun semakin jauh dari area pertahanan kita.


  • POSSESION GAME


Build up yang baik, sistem menyerang yang baik dengan kerapatan antar pemain. Elemen-elemen tersebut akan menciptakan kenyamanan kita dalam mengontrol permainan dan melakukan possesion football. Oke, kami setuju, possesion game bukanlah segalanya. 70% penguasaan bola tidak ada artinya jika kita tidak memasukkan satu gol.

Namun menurut kami, cara inilah yang paling sempurna dalam permainan sepakbola. Kita ingin menikmati sepakbola dan possesion game menawarkan segala keindahan akan hal itu. Umpan-umpan pendek sebelum terjadinya gol itu sesuatu yang bagus dan sama ajaibnya dengan tendangan salto ala Zlatan Ibrahimovic.

Nah, bagi kalian yang kurang terbiasa dengan possesion game. Teknik ini sebenarnya bisa dilatih, selain dengan build up yang tenang serta jarak passing antar pemain, adalah kelenturan jempol kita dalam memainkan analog untuk menggerakan pemain-pemain kita.

  • HIGH PRESSING

Namun bagaimana jika tim musuh sama-sama menerapkan pola menyerang dan possesion game? Apakah yang sebaiknya kita lakukan? Menurut kami, jika kalian melawan permainan possesion game. Yang terbaik yang bisa kalian lakukan adalah dengan melakukan pressing.

Dengan memanfaatkan fitur Frontline Pressure pada tab Defensive Style, kita bisa memanfaatkan para pemain untuk melakukan pertahanan sejak di area musuh. 4-3-3 sangat cocok digunakan untukmelakukan pressing karena kita punya dua blok yang siap mengganggu build up musuh. Liverpool yang terkenal dengan Heavy Metal Football pun menggunakan 4-3-3 sebagai pola dasar mereka.

Akan tetapi, tidak selamanya harus pressing habis-habisan dan mengurangi stamina pemain kita dengan cepat. Kita harus bisa melakukan pressing pintar. Tips kami, pressing yang baik adalah dengan menggabungkannya dengan transisi. Guardiola bahkan mencetuskan pressing 6 detik; yaitu secepat mungkin merebut bola dalam waktu 6 detik di area lawan, dan jika gagal merebut bola dalam rentan waktu tersebut, maka tim akan langsung melakukan transisi ke bertahan secara serentak. Tentunya untuk mengantisipasi serangan balik.

  • MENCIPTAKAN PELUANG

Yang terakhir adalah menciptakan peluang. Jika kita sering memegang bola, menguasai permainan, maka tidak sulit bagi tim kita untuk menciptakan situasi berbahaya di area musuh. Bahkan ketika musuh tersebut melakukan parkir bis maupun parkir pesawat.

Kita bisa memanfaatkan kerapatan pemain untuk melakukan satu dua sentuhan. Atau kita bisa melakukan akselerasi sayap berkat dua fullback yang naik membantu serangan. Kita juga bisa melakukan percobaan-percobaan tendangan jarak jauh dari ketiga gelandang yang berada di area tengah.

Baca Juga : Penjelasan Fluid Formation

Demikianlah artikel kami tentang Formasi Menyerang Terbaik PES yang terbukti jitu dan ampuh untuk diterapkan. Nah, jika kalian punya pendapat sendiri tentang teknik menyerang yang selalu kalian andalkan, bisa loh mengisi kolom komentar, kita diskusi bareng sesama pecinta Pro Evolution Soccer.

Jika ada kritik, saran, dan masukan untuk blog TIKITAKTIK silakan hubungi kami di kolom about us atau bisa langsung di komentar. Kami sangat membutuhkan hal tersebut agar blog kami senantiasi bisa tumbuh ke arah yang lebih baik lagi.

That's all ww have for now.
Ingat. Dalam hidup, ada pemenang dan ada pecundang.
Kita? Kita adalah Penantang.