Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal-Hal Yang Harus diperhatikan Saat Menulis Artikel Blog

Tenyata untuk menulis artikel yang menarik ataupun disukai pembaca, ada beberapa hal penting yang harus kita perhatikan agar tulisan kita menjadi sukses dibaca oleh banyak orang. Ada elemen yang berhasil aku petik dari para senior di dunia blog yang aku baca artikelnya, mulai dari judul, paragraf pertama, dan elemen tak kalah penting lainnya.


JUDUL

Judul memberikan kesan pertama, ini mutlak diperhatikan dalam penulisan setiap artikel blog. Setiap harinya, pembaca ditawari ribuan judul artikel di internet. Jadi, jika kamu memberi judul post, misalnya : Cerita Weekendku, agak sulit membuat orang berhenti dan melanjutkan membaca. Apa hebatnya cerita weekend yang kamu alami?

Beri judul blog post dengan judul yang informatif, menggambarkan isi post secara keseluruhan,sekaligus membuat penasaran sehingga orang lain akan tertarik untuk membaca. Misalnya, isi dari cerita weekend ditulis dengan judul : Weekend di Pantai Terindah di Indonesia. Dengan judul seperti itu, rasa penasaran pembaca akan sedikit terusik, ingin tahu dimana sih pantai terindah di Indonesia itu? Seperti apa pantainya?

Judul juga sebaiknya singkat dan to the point agar pembaca segera tahu maksud yang ingin kamu sampaikan. Jika menargetkan kata kunci tertentu, gunakan juga kata kunci tersebut ke dalam judul post. Misalnya, kamu ingin penggemar Harry Potter mampir ke blog kamu (lewat search engine), gunakan judul seperti ini : Tips Menulis ala Harry Potter. Isi blog post-nya adalah tips menulis yang 'magical’ bisa juga kan?

Nah, untuk mengetahui judul yang banyak dicari orang, pahami dulu kebutuhan dasar manusia akan informasi. Dengan begitu, kemungkinan blog kamu akan dibaca orang akan lebih besar karena pasar yang lebih besar juga.

  • Psikologi. Kebutuhan akan makanan, minuman, rumah, pakaian, dan seks.
  • Keamanan. Kebutuhan akan keamanan fisik, emosi, dan keuangan.
  • Sosial. Kebutuhan akan cinta, kasih sayang, persahabatan, dan penerimaan.
  • Percaya diri. Kebutuhan akan prestasi, pengakuan, perhatian, dan rasa hormat.
  • Akutualisasi diri. Kebutuhan untuk mencapai potensi sepenuhnya.

Jika kita sudah mengerti akan kebutuhan dasar manusia tersebut, kita dapat membuat post dengan memilih judul yang menarik emosi pembaca sesuai dengan kebutuhan dasar mereka.

PARAGRAF PERTAMA

Setelah membaca judul dan tertarik, pengunjung akan melanjutkan dengan membaca paragraf pertama dari isi artikel blog. Disini akan ditentukan, pembaca akan meneruskan membaca, atau malah menyudahi membaca blog kamu.

Bisa dibilang paragraf pertama ini memiliki peranan yang tidak kalah penting dari penentuan judul. Ada beberapa tips untuk membuat paragraf pertama yang menarik:


  • Tulis ringkasan post. Langsung tulis ‘kesimpulan’ dari seluruh post di awal. Setelah pembaca mengerti tujuan post kamu, baru kemudian jabarkan lebih lanjut informasinya.
  • Beri pertanyaan. Memulai posting dengan pertanyaan akan menciptakan rasa ingin tahu dan membuat pembaca berpikir. Mereka akan terus membaca sampai akhir hingga tahu jawabannya.
  • Gunakan statistik yang mengejutkan. Sebuah statistik yang menarik dan mengejutkan akan membuat orang penasaran dan ingin tahu apa cerita yang ada dibalik statistik itu. Ingat untuk selalu menggunakan statistik dari sumber yang terpercaya.
  • Kutipan atau quote orang yang terkenal. Sesuaikan quote yang kamu pasang dengan isi dari artikel. Sebuah kutipan yang tepat akan menarik perhatian pembaca dalam beberapa detik pertama. Dapatkan kutipan-kutipan dari tokoh-tokoh penting di situs-situs quote ataupun aplikasi quote android dan iPhone.
  • Kutip sebuah cerita yang menarik. Mungkin ada cerita menarik yang kamu dapatkan saat makan siang, atau saat bersama teman? Atau cerita-cerita yang baru saja kamu baca di internet? Coba kutip cerita tersebut, kemungkinan besar pembaca akan bereaksi sama dengan kamu saat membacanya, lanjutkan dengan artikel kamu sendiri yang berkaitan dengan cerita tersebut.
  • Pasang gambar di paragraf pertama. Salah satu kebiasaan wajib seorang blogger adalah mencari gambar yang akan ditampilkan di awal post. Bentuknya bisa gambar yang sesuai dengan topik, atau gambar komik lucu yang menggambarkan seluruh isi blog post. Pembaca akan lebih cepat menangkap maksud dari gambar tersebut dan akhirnya tertarik untuk melanjutkan membaca.
  • Gunakan imajinasi pembaca. Menarik gambaran mental dari pembaca adalah salah satu hal yang paling kuat yang dapat kamu lakukan untuk mengikat perhatian pembaca. Bantu pembaca berimajinasi dengan menggunakan kata-kata seperti “Mari bersama kita bayangkan..” “bagaimana jika” dan lainnya.

MENULIS KONTEN BLOG

Judul sudah OK, paragraf pertama sudah sip, selanjutnya menulis konten blog. Untuk membuat konten blog yang bagus, kita bisa memulainya dengan membuat sebuah kerangka/mind map.

Mind map adalah konsep diagram yang diperkenalkan oleh Tony Buzan, untuk menampilkan ide brainstorm seputar kata kunci yang ingin kita bahas. Kerangka seperti ini sangat dibutuhkan terutama saat kita kehabisan ide, atau punya topik yang ingin dibahas, tetapi bingung mau menulis apa dan dikembangkan ke arah mana.

Karena sifatnya yang tidak berurutan, kerangka atau mind map memungkinkan kita untuk 
menumpahkan ide tanpa skala prioritas seperti yang selama ini kita lakukan. Ini memungkinkan ide berkembang secara ‘liar’ dan menghasilkan outline tulisan yang menarik.

Kita bisa memulai membuat kerangka dengan cara berikut :
  • Mulailah dengan judul blog post
  • Buat anak cabang untuk setiap kata kunci yang terpikirkan dari judul tersebut.
  • Buat anak cabang lebih dalam lagi untuk menggali kata kunci.
  • Ulangi hingga terbentu pola yang menarik untuk ditulis.
Pembuatan kerangka bisa kita lakukan menggunakan secarik kertas karena cukup sederhana dan sangat efektif. Bisa juga menggunakan software di komputer ataupun aplikasi catatan di smartphone.

LIST

Aku adalah salah satu dari banyak orang yang suka membaca blog post yang berbentuk list atau daftar. Blog post dengan bentuk list terlihat lebih praktis dan mudah untuk langsung diaplikasikan. Bentuk artikel artikel informasi yang disajikan dengan format list membuatnya mudah dicerna dan membuat pembaca dapat menyerap informasi dengan effisien.

Semakin panjang daftarnya, seperti daftar ‘bombastis’ yang berisi ratusan list, semakin tertarik orang untuk mem-bookmark tulisan kamu. Namun, jika kamu ingin orang membacanya habis pada saat itu juga, angka yang ideal adalah diantara 7-10 list.

Walau begitu, sebaik-baiknya postingan berisi daftar, tetap tidak baik juga kalau dibuat terlalu banyak. Keluarkan list sekali-sekali dan jangan terlalu sering. Pembaca blog kamu butuh variasi!

LINKS

Menulis blog tidak akan lengkap tanpa tambahan link sebagai referensi, dan tentu saja sebagai salah satu strategi agar blog kita bisa banyak ditemukan via search engine. Lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui sasaran kata kunci yang kamu inginkan.

Jangan gunakan kalimat ‘click here’ atau ‘Klik disini’ sebagai link referensi. Berikan link pada kata kunci yang kamu sasar menuju blog post lain di dalam blog kamu (internal) atau bisa juga ke luar blog. Sesuai kebutuhan.

GAMBAR

Aku selalu selalu menggunakan foto dan gambar untuk mendukung setiap artikel. Ini karena aku menyadari bahwa foto dan gambar akan memberikan impresi yang baik untuk pembaca dan membangun suasana saat membaca.


KALIMAT PENUTUP


Dalam menulis blog, kalimat penutup sama pentingnya dengan kalimat pembuka. Kamu harus mengarahkan pembaca, apa yang harus mereka lakukan setelah membaca blog post kamu. Tutuplah dengan pertanyaan, penawaran, atau link menuju postingan lain yang sekiranya cocok untuk dilanjutkan.

Nah, demikianlah beberapa elemen penting yang wajib kita perhatian untuk menghasilkan artikel yang berkualitas, menarik, serta SEO friendly. Dengan memperhatikan elemen penting tersebut, setidaknya kita tidak hanya mengedukasi pembaca, tapi kita juga memperkaya diri untuk terus memproduksi sesuatu yang melebihi standarnya.

That's all we have for now.
Ingat. Dalam hidup, ada pemenang dan ada pecundang.
Kita? Kita adalah penantang!