Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 20 Ide dan Tema Menulis Artikel Blog

Setelah kita mengerti hal-hal yang harus diperhatikan saat menulis blog. Selanjutnya akan timbul pertanyaan, terus apa yang bisa kita tulis? Bagaimana cara kita memulai sebuah blog? Bagaimana kita bisa menemukan ide untuk menulis? Kalian mungkin ada yang bingung ingin menulis apa.

Selalu katakan pada diri sendiri : write when inspired. Write to inspired. Ada beberapa hal yang akan selalu memancing imajinasi dan inspirasi kita, dan pada akhirnya kita harus memanfaatkan itu untuk dijadikan sebagai artikel blog.


Berikut tips mencari dan menemukan ide atau tema menulis blog :

1. Pengalaman Pribadi.

Insight (wawasan) dari pengalaman hidup kamu, merupakan salah satu jenis tulisan yang dihargai oleh pembaca. Mereka dapat belajar dari pengalaman kita, dan dapat dengan mudah menangkap ide yang sedang dilemparkan di blog post. Dari pengalaman hidup yang menarik itulah, kita bisa memperoleh kepercayaan pembaca dan sekaligus mengasah personal branding. Kamu yang harus tentukan, image seperti apa yang ingin ditampilkan dihadapan pembaca.

2. Eksperimen.

Kita pasti suka melakukan eksperimen hidup (life/social experiment) untuk mengetahui dengan pasti hal-hal yang seringkali membuat kita penasaran. Nah, topik seperti ini sangat dihargai oleh pembaca yang juga ingin melakukan eksperimen, karena mereka juga butuh tutor dan masukan.

3. Challenge/Tantangan.

Ini bisa artinya mengikuti ‘challenge’ dari orang lain, atau dalam suatu komunitas tertentu. Atau bisa juga menantang diri sendiri, misalnya pada satu bulan penuh kita berjanji akan ngeblog setiap hari tentang buku yang sedang kita baca dan yang semacam itu. Kegiatan tersebut akan membuat otak kita lebih segar, kreatif, dan bersemangat.

4. Membaca Blog Lain.

“if you don’t have time to read, you don’t have the time (or the tools) to write. Simple as that.” –Stephen King. 

Sempatkan mengunjungi dan membaca blog-blog lain yang sesuai dengan topik blog yang ingin ditulis. Pelajari judul postingan apa yang paling populer di blog mereka, dan mulai menulis topik yang sama dengan sudut pandang kita sendiri.

5. Mengamati Sosial Media.

Situs media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram sangat bisa dijadikan tempat mencari inspirasi. Ada banyak ‘kejadian’ atau topik yang dibahas disana yang bisa menjadi bahan artikel di blog. Kita bisa melihat pertanyaan-pertanyaan apa yang sering dilempar oleh pengguna sosial media, dan kita bisa membuat artikel untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

6. What’s Trending?

Selidiki topik apa yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan dan ikut menulis tentang hal itu dengan menambahkan opini pribadi. Kamu bisa mengetahui topik yang sedang banyak dicari orang lewat hashtag trending topics ataupun menggunakan google insight.

7. Tutorial & How To.

Pasti kamu memiliki keahlian yang tidak dimiliki oleh orang lain, mungkin kamu menganggapnya sepele, tetapi sebenarnya keahlian kamu itu akan sangat berguna bagi orang lain, tentu saja jika kamu menuliskannya ke dalam artikel. Tulislah keahlianmu dalam bentuk tutorial atau how-to yang sekiranya relevan dengan blog yang kamu buat.

8. Review.

Kita pasti juga suka mengulas suatu produk. Kita pasti membeli banyak produk untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti gadget, laptop, dan alat-alat elektronik lainnya. kalau kita suka menonton film, kita juga bisa me-review film tersebut, artikel yang dibuat bisa kita bagikan ke orang-orang yang memang sehobi.

9. Interview.

Sudah lama penasaran dengan sepak terjang tokoh yang kita kagumi? Kirim saja Email untuk mewawancarainya! Hasil wawancara bisa diolah menjadi postingan blog. Percayalah, tokoh yang kamu wawancarai juga akan senang karena mendapatkan tambahan citra positif untuk image-nya.

10. Conversation.

Lewat percakapan, kita biasanya suka mengambil inspirasi dari kisah hidup orang lain. Setiap kali kita bertemu seseorang, kita bisa melempar pertanyaan tentang nilai-nilai dan prinsip hidupnya. Hal itu bisa menjadi bahan untuk artikel blog kita.

11. Your Hobby/Passion.

Hobi setiap orang pasti berbeda-beda. Mungkin kamu tidak pernah menceritakan hobimu, atau menjabarkannya lebih lanjut. Cobalah untuk menulis hal-hal yang bersangkutan dengan hobi kita, hal tersebut mungkin terlihat tidak penting, tapi bagi orang lain bisa sangatlah berharga.

12. Lihat Statistik.

Cek kembali postingan apa saja yang populer di blog kamu ataupun blog orang lain. Kembangkan artikel tersebut menjadi sebuah artikel yang baru.

13. Bicara Pada Anak Kecil.

Sudah pernah mencoba ‘ngobrol dengan anak kecil?’ obrolan dengan mereka selalu menarik karena jawaban yang keluar dari mulut anak-anak tak pernah kita duga. Coba ambil dari wisdom kepolosanmereka, pasti akan menjadi bahan tulisan yang menarik.

14. Bicara Tentang Blogger Lain.

Ada yang bilang blogger adalah makhluk paling narsis di dunia internet. Tentu saja kenyataan ini harus bisa kita manfaatkan. Sesekali, bicaralah tentang blogger lain. Ulas profil dan kegiatannya yang menginspirasi, lihat keunikan-keunikannya, segala yang positif tentang dia. Jika dia senang dengan postingan kamu (sudah hampir pasti senang), blogger tersebut akan mempromosikan postingan di blog kamu. Ini berarti kamu akan mendapatkan kunjungan dari teman-teman baru di luar ‘circle’ kamu. Exiting!

15. Berhenti Sejenak.

Luangkan waktu beberapa menit untuk tidak melakukan apa-apa. Orang bilang, the art of doing nothing. Biasanya ide malah muncul di saat-saat seperti ini.

16. Bergabung Dengan Komunitas.

Tidak ada yang lebih menginspirasi dari sekumpulan teman-teman yang memiliki visi yang sama dengan kita. Setiap obrolan, setiap pertemuan, setiap diskusi, pasti menimbulkan ide untuk ditulis. Kita bisa bergabung di komunitas-komunitas twitter yang membahas tema yang sama, di grup-grup facebook, atau forum-forum seperti kaskus.

17. Dengar Lebih Dalam.

Pernah duduk sendirian di tempat umum sambil menunggu teman yang belum datang? Pasti di sekitar kamu sudah ada beberapa orang yang duduk sambil berbincang-bincang, tajamkan pendengaran kamu untuk mendengar apa yang mereka bicarakan. Pembicaraan ini biasanya menarik untuk kita bahas di blog. Bahkan ada blog yang hanya menulis tentang nguping.

18. Mengamati Lingkungan

Kita pasti sering memperhatikan lingkungan. Saat berada dalam perjalanan, mungkin kita melihat bapak tua yang mendorong gerobak, di dalamnya ada anak kecil. Dari sini kita jadi bertanya-tanya, dimanakah mereka tinggal? Bagaimana mereka mencari nafkah? Apakah cukup untuk dimakan sekeluarga? Dan pertanyaan-pertanyaan lain yang bisa kita bahas di blog.

Dengan begini, blog kita menjadi journal of reaction. Reaksi atas hal-hal yang kita lihat sehari-hari. Siapa tahu insights yang kita tulis bisa bermanfaat sebagai input bagi pihak-pihak yang peduli.

19. Nonton TV

Dari menonton acara televisi, ada banyak yang bisa dibahas di blog kita. Kita bisa menonton berita-berita terbaru di televisi dan menuliskan opininya, ataupun acara-acara talk show dan acara favorit kita untuk diulas ke dalam blog.

20. Terus Menulis

Untuk mendapatkan ide dan ispirasi, kita tidak bisa hanya dengan menunggu ide itu muncul. Seperti sebuah harta karun, inspirasi harus digali dan terus digali, yaitu dengan cara terus menulis.

Demikianlah bebeberapa ide atau tema menulis untuk blog. Kalian bisa memilih beberapa, ataupun fokus pada satu topik saja. Catat hal-hal yang sekiranya penting yang bisa dijadikan sebagai artikel blog selanjutnya. Selain itu, tingkat untuk menampilkan setiap blog post menurut sudut pandang sendiri juga sangat penting agar blog kita terlihat memiliki warna yang berbeda.

That’s all we have for now.
Ingat. Dalam hidup, ada pemenang dan ada pecundang.
Kita. Kita adalah penantang!