Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti dan Makna Lagu Fight Song – Rachel Platten


Terjemahan lirik lagu Fight Song by Rachel Platten

“I might only have one match, but i can make an explosion”

Dibully dikit minder. Dikata-katain sama sanak keluarga lantaran kitanya belum sukses sedangkan orang lain sudah bisa beli mobi, kita ngambek. Untuk apasih membanding-bandingkan kehidupan orang lain?
Toh kemampuan orang itu beda-beda. Dan tidak jarang, kata-kata sepele itu bisa saja diartikan terlalu berlebihan, jadinya malah bikin semangat tambah down. Maka gak heran kita sering nemuin kasus bagaimana perkataan orang tua terkadang malah bikin hidup anaknya makin terpuruk.
Aku sih setuju sama apa kata Rachel, untuk bersikap bodo amat terhadap semua perkataan-perkataan itu. Untuk percaya bahwa kita masih punya pembuktian akan mimpi-mimpi kita, dan bahwasanya orang lain tidak cukup pandai menebak apa yang ada di dalam isi kepala.

l

Like a small boat
Seperti sampan kecil
On the ocean
Di tengah samudera
Sending big waves
Ombak besar menerjang
Into motion
Terombang-ambing
Like how a single word
Sebagaimana halnya satu kata
Can make a heart open
Bisa membuat hati terbuka
I might only have one match
Mungkin aku hanya punya satu korek api
But I can make an explosion
Tapi aku bisa membuat ledakan

Ya, benar. Hidup memang keras. Posisi kita tidak lebih dari sampan kecil yang mengarungi sebuah samudera maha luas. Kita harus tahan terhadap segala konsekuensi, segala ketidakadilan yang entah sampai kapan akan terus menerjang.
Tapi hal tersebut bukan berarti kita tidak punya kesempatan untuk mendayung. Menepi dari badai dan terjangan ombak. Mungkin kita hanya pasrah, tapi selama kita tetap berpegang teguh pada apa yang kita yakini, sekecil apapun itu, kita tetap bisa kok membuat sebuah gebrakan.

II
And all those things I didn't say
Dan semua hal yang tak kukatakan
Wrecking balls inside my brain
Bola-bola penghancur di dalam otakku
I will scream them loud tonight
Akan kuteriakkan semuanya keras-keras malam ini
Can you hear my voice this time?
Bisakah kau dengar suaraku kali ini?

Setiap kita pasti punya hal-hal yang entah sampai kapan akan menjadi rahasia yang tersimpan di dalam kepala. Kata-kata itu, apakah sudah saatnya kita meluapkan segala keluh kesah kita dihadapan orang banyak?
Mungkin ada dari kita yang akan selamanya menyimpan hal itu. Namun lambat laun, ketika semuanya semakin mengkhawatirkan, kita butuh jurus pamungkas. Dan pada saat itu tiba, kita akan meneriakkannya sekeras mungkin agar orang lain tahu apa yang selama ini kita pikirkan.

III

This is my fight song
Inilah lagu perlawananku
Take back my life song
Lagu merebut hidupku kembali
Prove I'm alright song
Lagu pembuktian bahwa aku baik-baik saja

Mungkin pada saatnya tiba, kita harus benar-benar menunjukkan siapa diri kita yang sebenarnya. Ketika orang lain menjatuhkan hidup kita, pada saat itulah kita harus mengeluarkan segala kemampuan untuk membuktikan bahwa kita masih baik-baik saja.

My power's turned on
Kekuatanku menyala (Starting right now)
I'll be strong (Mulai saat ini)
aku akan kuat
I'll play my fight song
Kan kumainkan lagu perlawananku
And I don't really care if nobody else believes
Dan aku tak peduli jika orang lain tak ada yang percaya
'Cause I've still got a lot of fight left in me
Karena masih banyak perlawanan dalam diriku

Aku suka pada bagian “I'll play my fight song” yang begitu meyakinkan. Kita semua pasti punya perlawanan masing-masing. Dan pada saat itulah momen yang akan menunjukkan seberapa kuatkah diri kita.
Apakah kita tipe orang yang langsung jatuh ketika mendapat kritik dari orang lain? Ataukah kita adalah orang yang cuek bebek dengan segala huru-hara yang dialamatkan kepada diri kita. Mereka tidak mempercayai mimpi-mimpi kita, bahkan mereka memandang diri kita konyol. Hal yang harus kita sadari adalah, lebih penting menanggapi apa kata diri kita yang terdalam, daripada menanggapi perkataan orang lain.


Losing friends and I'm chasing sleep
Kehilangan teman dan aku mengejar tidur
Everybody's worried about me
Semua orang mengkhawatirkanku
In too deep
Tenggelam terlalu dalam
Say I'm in too deep (I'm in too deep)
Mereka bilang aku tenggelam terlalu dalam
And it's been two years
Dan sudah dua tahun lamanya
I miss my home
Aku rindu rumahku
But there's a fire burning in my bones
Tapi ada bara yang menyala di belulangku
And I still believe
Dan aku masih percaya
Yeah I still believe
Yeah aku masih percaya

Bahkan ketika hanya tersisa diri kita sendiri yang percaya akan mimpi-mimpi itu. Keluarga dan teman-teman mencampakkan kita, mereka bilang mimpi kita ketinggian. “kerja yang gampang-gampang aja lah. Yang penting dapet duit” gitu kata mereka.
Orang lain mulai mencibir diri kita. Menganggap kita menjadi orang yang jauh berbeda hanya karena kita masih menyematkan ego yang besar pada cita-cita.
“I miss my home” disini bukan berarti Rachel merindukan suasana rumahnya selama dua tahun ke belakang. Lewat lirik, kita menyadari bahwa ternyata kita sudah pergi terlalu jauh: dalam hal berpegang teguh pada sesuatu. Bagaimana kita mungkin memang terlalu angkuh dengan tidak peduli jika orang lain tak percaya.
Kita ingin pulang ke rumah bukan karena tentang rumahnya, melainkan tentang rumah di dalam diri seseorang. Tempatmu pulang, segala tenang.

Back to II, III
A lot of fight left in me
Banyak perlawanan dalam diriku

Back to I, III
Now I've still got a lot of fight left in me
Kini masih banyak perlawanan dalam diriku

Perlawanan yang dimaksud adalah bagaimana kita mencoba melawan apa kata orang lain. Hidup memang seperti itu, banyak mulut-mulut diluar sana yang terkadang dengan gampangnya bisa mematahkan semangat yang sudah kita bangun dengan susah payah.
Kita tidak perlu menutup telinga untuk itu. Kita hanya perlu menyikapinya: perkataan yang baik bisa dijadikan sebagai motivasi, sedangkan perkataan yang buruk harus kita tangkis sekuat tenaga agar tak bisa menerjang semangat kita.
Karena sesungguhnya, perlawanan yang paling berat bukanlah melawan orang lain, malainkan melawan apa yang ada di dalam diri kita sendiri. Karena dari situlah kita berasal.

That’s all we have for now.



Judul : Fight Song
Artis : Rachel Platten
Album : Fight Song
Genre : Pop

PEMBERITAHUAN :

Blog TIKITAKTIK hanya menulis arti, makna, serta terjemahan lirik dan tidak membagikan link download mp3 lagu Fight Song by Rachel Platten. Anda bisa membeli lagu ini lewat media digital seperti iTunes, Amazon, Joox, Spotify, dan media pembelian lainnya.

NOTICE :
This site does not share the MP3 download link of the song mentioned above. All song lyrics on this website is copyright/property of the authors, artist, band and music labels and concerned. All materials contained in this site including the lyrics of the song are promotional and evaluation purpose only.